Senin, 09 Desember 2013

LAYAR LAPTOP ADA TAMPILAN TAPI GELAP

Anda sedang mengalaminya atau sekedar mempelajarinya? Semoga ini menjadi solusi ataupun menambah ilmu pengetahuan  bagimu. Layar Laptop dapat di bedakan berdasarkan lampu penerangannya, yaitu disply LCD dan disply LCD-LED atau disingkat LED aja. LCD dapat dilihat tampilannya kaena di terangi oleh lampu neon yang di pasang di bawah LCD. Sedangkan LED menggunakan lampu sekumpulan dioda LED untuk meneranginya. Bila layar ada tampilan tetapi gelap, maka kemungkinan kerusakan ada 2 :
1. Untuk LCD, kemungkinan inverter pembangkit tegangan tinggi utk neonnya ATAU malah neonnya yang rusak.
2. Untuk LED, kemungkinan panel LCD-LED atau mainboard LCD-LED. Kemungkinan yang lain adalah LED atau kabel penghubung LED ke panel LCD-LED lah yang bermasalah.

Kerusakan pada NEon, tentu solusinya mengganti lampu neon tersebut. Ini bisa kita ambil dari LCD lain yang mengalami rusak pecah namun lampu masih menyala. Bila kerusakan terdapat pada inverter LCD, ini masih bisa di ganti dengan membeli inverter, harganya sekitar 100rb-an. Tapi kalau yang rusak inverter LED, hmm.. sementara ini solusinya ganti aja. Kedepan klo saya sdh berhasil solved masalah panel LED, insyaAllah saya share untukmu. Oke, sedikit dulu, mudah-mudahan bermanfaat.

Visimedia | 0852 1258 1719
***Join ODOJ***

4 komentar:

Unknown mengatakan...

SAYA SUDAH GANTI LCD LED YANG BARU TAPI TETAP GELAP TAPI ADA TAMPILAN JIKA DI SENTER.
KIRA-KIRA APANYA YANG BERMASALAH YAAA...

visimedia computer mengatakan...

Pastikan LCD bagus gan! Pasang LCD/LED pd laptop lain. Bila ternyata bagus (benar2 bagus, nyala normal) maka yang bermasalah adalah pemberi sumber daya/tegangan soket LCD/LED. Terimakasih :)

epys mengatakan...

Led touchscreen pd Acer v5-471g saya redup sekali.To kalau pakai eks.monitor normal. Apanya yg rusak? Tks ,

visimedia computer mengatakan...

@Epys , bisa jadi layar LED yang bermasalah (pd LEDnya / lampu).