Selasa, 29 April 2014

Agar baterai laptop tahan lama, lepas baterai saat pake laptop? Jangan!!

Laptop kini menjadi kebutuhan primer. Kemudahan laptop adalah sifatnya yang portable, gampang di bawa wiri wiri karena sumber energinya baterai. Nah tentulah sebagai user inginnya baterai laptopnya tahan lama.

Ada sebagian di antara kita, untuk menjadikan baterai tahan lama/awet adalah dengan melepasnya saat laptop digunakan dan hanya menggunakan arus adaptor (cas). Risiko yang muncul dengan menggunakan sistem begini diantaranya :



1. Data yang belum di save ataupun auto save bakalan ilang, betul kan?! (kehilangan data biasanya lebih berharga dari uang)
2. Kerusakan pada Harddisk yang mati mendadak. Ganti harddisk lumayan bro n sist, minimal 460rb an
3. Kerusakan pada mainboard karena proses berhenti "seketika" saat mati listrik.Klo mainboard yang kena, wah lebih besar lagi buget untuk memperbaikinya.
Baterai tetap saja di pasang saat kita gunakan, sekalipun di cas. Sebaliknya saat kita akan tidak menggunakan laptop selama 3 hari atau lebih, sebaiknya baterai laptop dilepas. Pada saat tidak digunakan laptop tetap mengkonsumsi energi baterai untuk ready tegangan switch.Jadi dalam kurun waktu yang lama walaupun laptop tidak dipakai baterai bisa kehabisan bahkan bebar-benar habis terkuras. Bila ini terjadi, justru ini menjadi penyebab rusaknya Baterai. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar: